Sabtu, 22 Oktober 2011

Lesson Study Berbasis Madrasah (LSBM)

Kegiatan Lesson Study di MTs Negeri Bantul Kota
Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk : (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya. Manfaat yang yang dapat diambil Lesson Study, diantaranya: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan (3) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study. Lesson Study dapat dilakukan melalui dua tipe yaitu berbasis sekolah dan berbasis MGMP. Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (1) perencanaan (plan); (b) pelaksanaan (do); refleksi (check); dan tindak lanjut (act). 

Kegiatan Lesson Study di MTs N Bantul Kota telah dilaksanakan sejak tahun 2010, yang dilaunching  bulan Juli 2010 dibawah Pembinaan oleh Widyaiswara Kemenag, dan Dosen UNY. Pada tahap pertama bulan Juli sampai Juni 2010 telah dilaksanakan Kegiatan pembelajaran yang meliputi semua mata pelajaran di MTs Negeri Bantul Kota. Selanjutnya pada tahap dua ini pelaksanaan Lesson Study dimulai bulan Oktober 2011 dan akan berjalan sampai bulan Mei 2011. 

Demi meningkatkan profesionalisme guru dan kualitas pembelajaran yang optimal, MTs N Bantul Kota di bawah Binaan Kepala Madrasah Ibu Dra Hj. Siti Sholihah,MA, bertekad ingin terus melaksanakan model pembelajaran ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management